Selasa, 04 November 2008

Tugas Menetapkan Objective Dan Mengelola Stakeholders

Public relatons (PR) memerlukan strukur yang fleksibel,organik,responsif,dan kreatif. selain memerlukan pendidikan dan intelektualitas, juga dibutuhkan orang yg berbakat dalam berkumunikasi. untuk mementapkan kerja seorang praktisi PR dalam iklim yang organik,dibutuhkan adanya objectif. Objectif adalahtitik spesifik yang hendak di tuju.

Ada dua macam corporate goals, yakni :

1. Official Goals

2. Operative Goals

SYARAT SEBUAH OBJECTIVE

ObjectivePR dapat di definisikan sebagai suatu pernyataan tertulis dan jelas tentang hal-hal yang mesti dicapaipada bagian PR selama kut\run waktu tertentu (misalnya setahun), dengan menggunakan ukuran tertentu yang masuk akal, dan konsisten dengan objective perusahaaan secara menyeluruh (overall company objective)

secara garis besar, untuk memperoleh pegangan yang memadai, objective public relation hendaknya memenuhi syarat-syarat sebagai berikut

1. Harus dinyatakan secara tertulis.

2. Harus dinyatakan secara jelas dan singkat.

3. Harus spesifik pada batasan tertentu.

4. Harus mencakup batasan waktu yang spesifik.

5. Objective harus dapat dinyatakan dalam ukuran yang terukur.

6. Objective PR harus konsisten dengan objective perusahaan secara menyeluruh.

7. Objective harus dapat di jangkau, tetapi tetap memberi tempat yang menantang untuk merangsang usaha.

OBJECTIVE PR DAN PEMASARAN

Lima model yang menghubungkan PR dengan merketing

1. Terpisah tetapi fungsinya sama.

2. Sama fungsinya tetapi tumpang tindih.

3. Pemasaran sebagai fungsi yang lebih dominan.

4. PR sebagai fungsi yang lebih dominan.

5. Pemasaran dan PR mempunyai fungsi yang sama.

MENGELOLA STAKEHOLDERS

Suatu perusahaan yang tumbuh dan berkembang di dalam suatu masyarakat akan selalu menghadapi tekanan, baik yang berasal dari luar perusahaan iu sendiri maupun di dalam. Tugas PR dalam hal ini adalah membina hubungan yang baik dengan pihak-pihak tersebut melalui suatu proses komunikasi.Pihak-pihak tersebut biasa di sebut stakeholders. Stakeholders adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun diluar perusahaaan yang mempunyai peran dalam menentukan keberhasilan perusahaan.

STAKEHOLDER INTERNAL

unsur-unsur yang ada di dalam stakeholder adalah sebagai berikut :

1. Pemegang Saham

Pemegang Saham atau pemilik perusahaan di kebanyakannegara yang baru mulai melakukan industrinya ternyata mempunyai kekusaan yang sangat besar.Hal ini disebabkan oleh karena masihmudanyausia perusahaaan dan seluruh karyawan mengindetikkan pemilik sebagai pemimpin spiritual perusahaan.

2. Manajer dan Top Executives

Manajer dan Top executive merupakan bagian dari khalayak sasaran PR kerena :

1. Manajer merupakan sumber berita majalah bisnis dan ekonomi.

2. Manajer adalah sasaran pembajakan bagi perusahaan lain.

STAKEHOLDERS EKSTERNAL

Stakeholders eksternal dalah unsur-unsur yang berada diluar kendali perusahaan (uncontrollable).

Para pemimpin perusahaaan umumnya di bekali dengan teknik untuk mendesain organisasinya sesuai dengan keadaan lingkungan eksternalnya. unsur dalam lingkungan itu dapat di lihat dalam dua hal :

1. KOmpleksitas Lingkungan

2. Stabilitas Lingkungan.

berikut ini beberapa unsur stakeholders eksternal yang dianggap penting.

1. konsumen

2. Bank

3. Pemerintah

4. pesaing

5.komunitas

Tidak ada komentar: