PENETAPAN OBJECTIVE DAN MENGELOLA STAKEHOLDER
Objective PR dan PemasaranLima model yang menghubungkan PR dan Marketing,yaitu
1.Terpisah tapi fungsinya samaModel ini mendekati model tradisional dalam pemasaran dan PR,dimana masing-masing berdiri pada sudut yang berbeda karena ilmunya berbeda.
2.Sama fungsinya tetapi tumpang tindihBidang yang paling sering tumpang tindih adalah peluncuran produk yang melibatkan publisitas pers.
3.Pemasaran sebagai fungsi yang lebih dominanPandangan ini berdasarkan pemikiran bahwa Corporate Public Relation merupakan bagian dari Corporate Marketing.
4.Public Relasion sebagai fungsi yang lebih dominanYakini dan percaya bahwa PR-lah yang harus mengendalikan pemasaran.
5.Pemasaran dan PR mempunyai fungsi yang sama keduanya mengenal istilah segmentasi pasar, perilaku konsumen, persepsi, sikap, dan citra.
II. MENGELOLA STAKEHOLDER
Stakeholder MapStakeholder adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang mempunyai peran dalam keberhasilan perusahaan.
Stakeholders
Stakeholders adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan keberhasilan perusahaan.Tugas PR dalam hal ini adalah membina hubungan baik dengan pihak-pihak tersebut melalui suatu proses komunikasi.
Stakeholders bisa berarti pula setiap orang yang mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan. Secara umum, stakeholders dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni stake holders internal dan stakeholders
eksternal. Sering timbul kesalahpahaman pada masyarakat awam bahwa ruang lingkup pekerjaan PR terbatas pada stakeholders eksternal.
Anggapan ini tidak benar, karena PR bertugas membina hubungan yang serasi dan saling percaya, baik dengan pihak-pihak di luar perusahaan, maupun didalam perusahaan.Interest dan kepentingan masing-masing stakeholders.
Stakeholders internal
unsur-unsur pemegang stakeholders internal adalah pemegang saham, Manajer dan top executives, karyawan,dan keluarga karyawan.Dalam manajemen modern, keberhasilan
perusahaan untuk memperoleh kepuasan stakeholders dapat dijadikan indicator keberhasilan perusahaan.
Dikebanyakan perusahaan, kedudukan PR dewasa ini dirangkap oleh seorang corporate secretary. hal ini tidak lain karena kedekatan posisi seorang corporate secretary dengan pimpinan puncak.
Stakeholders eksternal
Stakeholders eksternal adalah unsur-unsur yang berada di luar kendali perusahaan (uncontrollable)Beberapa unsur pada stakeholders eksternal yang dianggap penting adalah Konsumen,bank,pemerintah, pesaing dan komunitas.Usur-unsur dalam lingkungan eksternal cenderung lebih
kompleks dan lebih sukar dikendalikan perusahaan. Semakin kompleks unsure tersebut semakin besar kemungkinan perusahaan menciptakan departemen baru. maka lahir beberapa istilah-istilah Government PR, Community Relations,IndustrialRelations, Financial relations, Press relations dan sebagainya.mereka adalah orang-orang yang specialis dibidang PR yang membatasi diri pada stakeholders tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar