Kamis, 16 Oktober 2008

Tugas Manajemen Humas contoh pembuatan Press Release

20 July 2006 - Bakrie & Brothers Segera Garap Pipanisasi Gas Kalimantan-Jawa

“Kami mempersiapkannya dengan sangat matang, baik operasional maupun finansial. Sebab kami sangat memahami bahwa proyek ini sangat strategis,” kata Bobby Gafur Umar, Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/7). Menurut dia, proyek ini akan sangat strategis untuk menggairahkan industri nasional dan investasi secara keseluruhan. “Kami sangat yakin, proyek ini akan mendatangkan manfaat dan nilai tambah bagi industri nasional kita,” katanya.

Seperti diketahui, Senin (17/7) kemarin PT Bakrie & Brothers Tbk telah ditetapkan sebagai calon pemenang proyek pipanisasi Kalimantan Jawa Tengah (Kalija), “menyisihkan” dua perusahaan peserta tender lainnya, yakni PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Barata Indonesia. “Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas telah memutuskan, calon pemenangnya adalah PT Bakrie & Brothers Tbk,” ujar Bobby Gafur Umar. PT Bakrie & Brothers sendiri, menurut dia, telah memberikan penawaran toll fee yang paling murah di antara dua peserta tender lainnya.

Dijelaskan oleh Bobby, pipanisasi gas Kalija merupakan proyek yang sangat strategis. Ia mengingatkan, kebutuhan gas untuk industri dan kelistrikan dalam masa mendatang dipastikan akan semakin besar, sejalan dengan meningkatnya intensitas pembangunan. “Harus diingat, pembangunan industri dan kelistrikan dalam beberapa tahun mendatang pasti akan meningkat. Industri dan pembangkit listrik membutuhkan gas dalam jumlah yang besar dan pasokan yang lebih pasti,” ujar Bobby.

Pembangunan jaringan pipa Kalija ini, menurut dia, juga sangat sejalan dengan rancangan besar pemerintah untuk terus melanjutkan upaya pengadaan energi alternatif sebagai pengganti atau pendamping bahan bakar konvensional yang selama ini digunakan. Tak hanya itu, Bobby juga optimis bahwa proyek pipanisasi gas Kalimantan Jawa ini akan memberikan dampak efisiensi bagi pengguna jalur pipanisasi dan memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan infrastruktur pipanisasi gas bumi, sesuai dengan Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional,” ujar Bobby.

Proyek pipanisasi gas Kalija ini di sisi lain juga sangat strategis sebagai proyek yang dapat menggairahkan industri nasional dan investasi secara keseluruhan. Industri-industri pipa baja nasional, misalnya, akan mendapatkan manfaat dan nilai tambah yang sangat signifikan dengan adanya proyek ini. Industri konstruksi nasional juga dapat dipastikan akan semakin bergairah. “Bayangkan berapa devisa yang dapat dihemat. Bayangkan juga berapa peningkatan kegiatan ekonomi nasional dengan pemakaian produk-produk dalam negeri selama masa konstruksi nanti. Sangat besar sekali manfaatnya secara nasional,” kata Bobby menjelaskan.

Menjadi Solusi Efektif

Sebagai energi alternatif, gas memang akan sangat strategis. Karena itu, menurut Bobby, meski kandungan gas di Kaltim sendiri masih terus dikaji, infrastruktur untuk mengalirkan gas dari Kalimantan ke Pulau Jawa memang sudah saatnya dibangun.

Menurut dia, pipa sepanjang 1.120 kilometer dari Kalimantan ke Jawa itu nantinya akan mampu mengalirkan gas sedikitnya 700 hingga 1.000 MMscfd. Artinya, jika proyek Kalija selesai dibangun, nantinya akan ada tambahan pasokan gas sedikitnya 1 miliar kaki kubik gas per hari, atau setara dengan 10 juta kiloliter BBM per tahun. “Itu setara dengan seperenam kebutuhan BBM secara nasional,” ujarnya. Proyek ini sendiri diperkirakan akan selesai paling cepat tahun 2009.

Sebagai calon pemenang, PT Bakrie & Brothers Tbk juga memiliki kelebihan lain dibandingkan dengan peserta tender yang lain. PT Bakrie & Brothers Tbk memiliki MOU (kesepakatan) dengan shipper dan transporter. MOU dengan shipper yang dimiliki antara lain dengan Indonesia Power (300 MMscfd), Bayu Buana Gas (200 MMscfd), Rabana Gasindo (100 MMscfd), Indogas (400 MMscfd), Bakrie Power (100 MMscfd) serta dari Petronas dan Krakatau Steel.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan apresiasinya kepada BPH Migas yang telah memberikan kepercayaan kepada perusahaan nasional berpengalaman seperti PT Bakrie & Brothers Tbk, sebagai calon pemenang dalam tender ini, untuk mengerjakan proyek besar yang sangat strategis ini. Ia sangat yakin, pengalaman-pengalaman dalam mengerjakan berbagai proyek pipanisasi akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat. Seperti diketahui, PT Bakrie & Brothers Tbk melalui anak perusahaannya juga ikut menggarap proyek pipanisasi Jambi-Singapura dan Sumatera Selatan-Jawa Barat. “Selain itu proyek-proyek pipa untuk distribusi gas di Jawa dan Sumatera.

Ditambahkannya, keberhasilan PT Bakrie Brothers Tbk menjadi calon pemenang tender ini sejalan dengan rencana strategis perusahaan menjadi pemain utama dalam bisnis infrastruktur, selain juga perkebunan dan telekomunikasi.

Berpengalaman

PT Bakrie & Brothers Tbk merupakan pionir dalam industri pipa baja nasional sejak 1959, dan telah memiliki pengalaman yang sangat panjang di bidang infrastruktur termasuk pipanisasi migas. PT Bakrie & Brothers Tbk melalui anak perusahaannya, PT SEAPI dan PT Bakrie Pipe Industries telah beberapa kali ikut berpartisipasi dalam proyek pipanisasi transmisi dan distribusi gas, seperti pada proyek West Natuna (yang menghubungkan Natuna Barat dan Singapura), kemudian proyek milik PT PGN yang menghubungkan Kuala Tungkal ke Batam dan Singapura dan proyek BP-APN West Jawa dan proyek PGN Gas Distrubution West Jawa.

Selain itu juga berpartisipasi pada Proyek Suban 1 dan Sumpal di Jambi (menggunakan pipa khusus yang tahan kadar keasaman tinggi atau sour service), proyek Suban 2 (juga di Jambi), proyek IKPT Pertamina Sumbagsel, serta proyek South Sumatera West Jawa (SSWJ) Tahap II. Disamping itu, PT SEAPI dan PT BPI juga mengekspor pipa untuk transmisi dan distribusi gas di Iran, AS dan Australia.

Informasi lebih lanjut:

Bobby Gafur Umar

Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk

Telpon: 021-93633333 dan 021 93699999 ext. 534

2 komentar:

thicka mengatakan...

blog ny keren euyyy....

Humas bgt.....

pngn bljr lbh bny dehh

thicka mengatakan...

bagi Fb dunk....byr bs ngbrol bny.....

hehehehe....

romantic.fairy@yahoo.co.id